Obyek Wisata Andalan Gunung Kidul Jogja, Pantai Kukup

Berbicara tentang Gunung Kidul, yang masih merupakan bagian dari wilayah Jogja, tentu akan mengingat berbagai objek wisata pantai, kan? Punggungan Gunung Kidul ini sebenarnya mampu menarik wisatawan karena keindahannya. Salah satu pantai ini adalah Pantai Kukup. Anda mungkin pernah mendengar namanya, karena pantai ini tidak jauh dari Pantai Baron. Tempat ini juga sibuk, terutama saat liburan. Beberapa orang mengatakan bahwa Pantai Kukup adalah Tanah Lot, versi mini Gunung Kidul. Hal ini disebabkan oleh perbukitan atau pulau karang di sekitarnya, sehingga hampir terlihat seperti Tanah Lot di Bali.

Selain itu, objek wisata ini juga terkenal dengan berbagai jenis biota lautnya. Anda dapat dengan mudah menemukannya di pantai dengan suara air yang jernih. Pantai selatan memiliki banyak misteri berbeda. Masyarakat sekitar, masih melekat pada budaya Kejawen, sering mengadakan upacara yang terkait dengan kepercayaan tradisional. Upacara ini biasanya dilakukan di tempat-tempat yang mereka anggap sakral, seperti pantai. Pantai Kukup juga tidak lepas dari ritual setempat. Misteri yang cukup legendaris dan menjadi kebiasaan di Pantai Kukup adalah ritual sedekah. Ritual ini dilakukan setiap bulan di Muharram atau Suro dalam bahasa Jawa.

Masyarakat sekitarnya akan melakukan serangkaian kegiatan berdasarkan ritual dengan membuat berbagai tawaran untuk dimakamkan di laut terbuka. Tujuan dari ritual ini adalah sebagai ungkapan terima kasih kepada Tuhan untuk produk makanan laut dan nutrisi yang diterima dalam satu tahun. Apakah Anda ingin mengunjungi Pantai Kukup, tetapi tidak tahu ke mana Anda akan pergi? Pantai ini terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari pusat Yogyakarta itu sendiri kira-kira. 62 km. Anda bisa memakan waktu sekitar 1,5 – 2 jam ke titik lokasi. Untuk transportasi sendiri, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil atau minibus atau untuk menyewa bus besar.

Sebenarnya ada angkutan umum yang bisa mengantar Anda ke Wonosari, tetapi pantai-pantai itu topografi, yang masih jarang ditanggung oleh angkutan umum. Jadi alih-alih kebingungan, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published