Cara Minum Obat Sakit Perut

Domperidone adalah anti-emetik yang efektif untuk mencegah muntah dan mual. Obat ini  memiliki kandungan yang aktif untuk meningkatkan gerakan usus dan mengosongkan isi usus. Anda yang sering merasa mual dan muntah, minum saja obat domperidone ini dengan menggunakan resep dokter. Seperti apa dosis yang disarankan untuk minum obat satu ini? Berikut ulasannya.

Cara Minum Domperidone

Dosis domperidone yang bagus adalah 10mg dan perlu diminum selama tiga kali sehari. Jangan minum lebih dari 4 dosis atau hinga 40mg dalam periode 24 jam. Pengguanan dosis obat yang berlebih dapat meningkatkan kemungkinan efek samping bagi Anda.

Domperidone harus diminum hanya untuk jangka waktu yang singkat biasanya tidak lebih dari tujuh hari dengan dosis terendah. Jika Anda menggunakan domperidone karena mual atau muntah, Anda bisa berhenti meminumnya ketika Anda mulai merasa lebih baik.

Selalu gunakan domperidone persis seperti yang dikatakan dokter. Label farmasi pada obat Anda akan memberi tahu Anda berapa banyak domperidone untuk dikonsumsi, seberapa sering meminumnya, dan setiap instruksi khusus.

Cara minum domperidone

  • Domperidone sebaiknya dikonsumsi sekitar 15 hingga 30 menit sebelum makan, dengan segelas air.
  • Jika Anda menggunakan domperidone setelah makan, itu akan tetap bekerja, tetapi mungkin butuh waktu lebih lama untuk memiliki efek.
  • Tidak berbahaya jika Anda melewatkan dosis domperidone. Jika Anda melewatkan satu dosis, ambil saat Anda ingat. Tetapi, jika sudah hampir waktunya untuk dosis Anda berikutnya, cukup ambil dosis berikutnya pada waktu yang tepat. Jangan mengambil dosis dua kali lipat.

Peringatan sebelum mengonsumsi domperidone

  • Apakah Anda memiliki masalah dengan ginjal atau hati Anda?
  • Apakah Anda memiliki masalah dengan jantung Anda, seperti gagal jantung atau detak jantung tidak teratur?
  • Apakah Anda memiliki masalah dengan saluran pencernaan Anda seperti penyumbatan atau pendarahan?
  • Apakah Anda hamil, merencanakan kehamilan atau menyusui?
  • Apakah Anda minum obat lain, termasuk obat yang dapat Anda beli tanpa resep, seperti obat herbal dan obat pelengkap?

Jika hal demikian terjadi, maka penting untuk memberi tahu dokter atau apoteker Anda sebelum Anda mengonsumsi domperidone. Kadang-kadang obat ini tidak cocok untuk orang dengan kondisi tertentu, apalagi jika digunakan oleh anak-anak. Jika ingin menjaga usus dan pencernaan anak sehat, maka hindarkan obat ini dari anak-anak.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published