Booking Tiket Kereta Api Untuk Mudik Lebaran

Salah satu permasalahan yang berulang setiap tahun ketika musim mudik lebaran tiba adalah habisnya kuota booking tiket kereta api dari pihak KAI. Padahal, kereta api merupakan salah satu moda transportasi darat yang paling diminati oleh masyarakat. Pada saat genting seperti itu, para pemudik kemudian terpaksa menggunakan jasa calo tiket.

Kecurangan Calo Tiket Kereta Api

Praktik calo tiket untuk transportasi kereta api telah berlangsung sejak lama. Jasa calo biasanya mendadak muncul pada musim-musim tertentu, yaitu ketika mendekati mudik lebaran atau masa liburan panjang sekolah. Pola kerja mereka pun sangat terstrukur di mana mereka memesan banyak tiket sekaligus yang disesuaikan musim ramai penumpang seperti di atas.

Para calo tersebut kemudian menyimpan tiket untuk ditawarkan kepada para calon penumpang yang tidak mendapat kuota keberangkatan ke destinasi tujuan menggunakan kereta api. Namun tentunya tidak dengan harga normal, karena biasanya mereka menawarkan tarif mencapai tiga hingga sepuluh kali lipat dari harga tiket asli dengan dalih ‘biaya jasa’.

Selama beberapa tahun terakhir, ketika ramai dilakukan tindakan reformasi pada sistem perkeretaapian Indonesia, praktik calo memang menurun drastis mengingat saat ini aturan yang diberlakukan pada penumpang sangat ketat. Salah satunya adalah persyaratan di mana nama yang tertera di tiket harus sesuai dengan identitas penumpang yang terhubung langsung dengan database e-ktp.

Dengan kata lain, proses booking tiket tidak dapat lagi dimanipulasi para calo yang dulu memanfaatkan celah kelonggaran identitas penumpang kereta demi keuntungan mereka. Meski demikian, hal tersebut tidak lantas menghilangkan sepenuhnya praktik calo tiket. Karena ada opsi revisi identitas penumpang yang dapat dilakukan H-7 sebelum keberangkatan untuk mendapatkan boarding pass.

Muslihat tersebut berlaku untuk perjalanan jarak jauh dalam negerti atau interlokal di mana tiket dapat dipesan sejak tiga bulan sebelum jadwal keberangkatan. Sedangkan untuk kereta lokal dengan minimal pemesanan H-7, persoalan identitas bukan masalah yang mendesak karena pemeriksaan yang dilakukan petugas tidak terlalu rinci dan sangat menguntungkan para calo.

Pesan Tiket Kereta Api di Mister Aladin

Hanya karena Anda tidak mendapatkan kuota tiket dari KAI dan tidak ingin menggunakan jasa calo, bukan berarti rencana mudik liburan harus dibatalkan. Sebab, masih ada kuota tiket kereta api tersedia untuk Anda ke berbagai destinasi tujuan di seluruh penjuru Indonesia dari Mister Aladin sebagai penyedia tiket akomodasi terbaik di Indonesia.

Mister Aladin menjalin kerja sama resmi dengan PT. KAI untuk menyediakan tiket bagi para pelanggan setia kereta api yang tidak berhasil melakukan pemesanan langsung pada perseroan terkait. Mister Aladin mendapatkan kuota penumpang khusus untuk setiap rute perjalanan sehingga prosentase untuk tiket selalu tersedia sangatlah tinggi terutama pada musim mudik lebaran.

Cara untuk melakukan pemesanan tiket kereta api melalui Mister Aladin sendiri sangat mudah, yakni :

  • Akses situs resmi Mister Aladin di misteraladin.com
  • Klik tab menu ‘Kereta Api’.
  • Pada kolom informasi, masukkan stasiun asal keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang yang hendak berangkat.
  • Database Mister Aladin akan melakukan pemrosesan data, kemudian menampilkan daftar nama kereta, kelas, dan harga tiket yang tersedia.
  • Klik tab pilih, maka Anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi di mana Anda mengisi identitas penumpang secara lengkap, memilih kursi, lalu menyelesaikan formulir pesanan.
  • Terakhir, Anda cukup melakukan pembayaran untuk mendapatkan e-ticket kereta api untuk diproses lebih lanjut menjelang keberangkatan.

Prosedur booking tiket kereta api melalui Mister Aladin sangat mudah, bukan? Dan, Anda tidak perlu khawatir harus membayar lebih mahal karena tarif tiket di Mister Aladin merupakan tarif asli yang ditetapkan pihak KAI.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published