5 Tips Makeup yang Perlu Dicoba Pemilik Kulit Kombinasi

Pada dasarnya, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan kulit dan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Berbeda dengan pemilik kulit kering atau berminyak yang sudah memiliki produk khususnya sendiri, hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik kulit kombinasi. Dengan kulit kombinasi, berarti kamu harus berurusan dengan minyak berlebih pada area t-zone, pori-pori yang terlihat jelas pada area hidung dan pipi, atau mungkin dengan area kulit kering pada pipi. Nah, agar mendapatkan hasil makeup yang flawless, berikut ini adalah tips makeup untuk kamu yang memiliki kulit kombinasi.

1. Gunakan Mattifying Primer pada Area T-Zone

Sesudah menyelesaikan rangkaian skin care, persiapkan area t-zone menggunakan mattifying primer. Primer jenis ini dapat membantu meminimalisir tampilan pori-pori dan menyerap minyak berlebih pada kulit wajah. Tak hanya itu, keuntungan yang bisa kamu rasakan dari penggunaan primer adalah membuat tampilan makeup lebih natural dan mulus.

2. Pilih Formula Foundation yang Sesuai dengan Area Terluas Wajah

Sesuai dengan namanya, kulit kombinasi terdiri dari area wajah yang kering dan area wajah yang berminyak. Namun, ada beberapa orang yang memiliki kecenderungan ke arah kulit kering, ada juga yang cenderung lebih berminyak. Saat memilih formula foundation, pilihlah yang sesuai dengan area terluas wajah kamu. Misalnya, kamu memiliki wajah kombinasi yang cenderung kering, tetapi memiliki area t-zone yang berminyak. Untuk mengatasinya, gunakan moisturizing foundationpada area wajah yang kering, dengan di baurkan ke arah luar wajah menjauhi t-zone. Lalu untuk area t-zone, kamu bisa menggunakan concealer untuk kulit berminyak yang memiliki hasil akhir matte dan coverage medium.

3. Set Makeup Menggunakan Bedak

Setelah mengaplikasikan foundation dan concealer, set makeup kamu menggunakan bedak translucent atau tinted powder menggunakan brush. Langkah ini akan menambahkan lapisan tipis ekstra pada area t-zone yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih dan membuat wajah bebas kilau seharian. Jika kamu memiliki area t-zone yang sangat berminyak, serap minyak menggunakan blotting paper atau tisu terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan bedak.

4. Rawat Kulit dengan Clarifying Mask

Clarifying mask merupakan jenis masker yang cocok untuk pemilik kullit berminyak. Masker jenis ini dapat membantu membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori dan mengangkat debris pada wajah. kamu yang memiliki kulit kombinasi dengan t-zone yang berminyak, coba gunakan clarifying mask untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah. kamu bisa menggunakan masker ini hanya pada area t-zone saja atau bisa juga digunakan pada seluruh permukaan wajah yang sudah dibersihkan.

5. Serap Minyak Wajah Sehabis Penggunaan Makeup

Blotting paper merupakan sahabat para wanita yang memiliki wajah normal, kombinasi, atau berminyak. Tak hanya digunakan saat wajah mulai berminyak di tengah hari, blotting paper juga sebaiknya digunakan begitu kamu selesai menggunakan makeup. Setelah pengaplikasian makeup, biasanya akan terlihat lapisan minyak yang berkumpul di permukaan wajah. Nah, daripada menyembunyikan minyak tersebut menggunakan makeup, cobalah untuk menyerap minyak berlebih di wajah menggunakan blotting paper. Jika minyak berlebih sudah terserap, barulah kamu set makeup menggunakan bedak.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published